Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meraih Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)



Pengertian Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)


Seringkali kita mendengar istilah Kebebasan Keuangan (Financial Freedom), tetapi belum terlalu mengerti apa artinya. Kebebasan Keuangan (Financial Freedom) berarti kita berada pada kondisi dimana tidak perlu lagi memikirkan bagaimana cara mencari uang untuk memenuhi kebutuhan kita (makanan, pakaian, rumah, kesehatan, pendidikan anak dan kebutuhan lainnya). Semua kebutuhan telah dapat terpenuhi tanpa kita bekerja, tentu merupakan dambaan semua orang bukan. Pada kondisi ini pikiran kita hanya memikirkan bagaimana menghabiskan waktu untuk melakukan kebaikan dan kesenangan, seperti berlibur, berwisata, berbagi pada sesama dan beribadah serta hal-hal lainnya yang bermanfaat tanpa memikirkan dari mana uang untuk membiayai kegiatan tersebut. Jadi semakin cepat meraih Kebebasan Keuangan (Financial Freedom) adalah dambaan semua orang, bagaimana dengan anda, sudahkah anda meraihnya atau pada umur berapa anda telah meraihnya atau kapan akan meraihnya. 

Cara Meraih Kebebasan Keuangan (Financial Freedom)
Sedemikian pentingnya Kebebasan Keuangan (Financial Freedom) bagi kita semua, sehingga perlu diketahui bagaimana cara meraihnya. Pada kondisi Kebebasan Keuangan (Financial Freedom), maka uang akan bekerja untuk kita, jadi kita tidak bekerja lagi untuk mencari uang. Sumber keuangan yang mendatangkan penghasilan tanpa kita bekerja / Passive income  antara lain dengan ber Investasi pada  :

  • Tabungan di bank yang menghasilkan bunga tabungan.
  • Deposito di bank yang menghasilkan bunga deposito.
  •  Obligasi yang menghasilkan imbalan hasil.
  •  Aset Reksadana yang menghasilkan imbalan hasil.
  •  Saham yang memberikan dividen atau penghasilan lain.
  • Property (tanah dan/atau bangunan) yang menghasilkan uang sewa.
  • Hak paten/franchise yang menghasilkan royalty.
Kata kunci untuk meraih Kebebasan Keuangan (Financial Freedom) adalah dengan melakukan investasi, jadi semakin cepat kita melakukan investasi maka akan semakin cepat meraih Kebebasan Keuangan (Financial Freedom). Tentu saja tentukan investasi yang cocok dengan karakter dan kemampuan kita, jangan asal investasi. Sehingga terdapat pepatah orang miskin dan kelas menengah bekerja untuk uang, sedangkan orang kaya mempunyai uang yang bekerja untuk mereka.