Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PT KAI Buka Rute Kereta Api Semarang-Purwokerto PP



Kereta Api saat ini telah menjadi primadona bagi masyarakat untuk bepergian dari satu kota ke kota lain. Hal ini disebabkan oleh keunggulan transportasi Kereta Api jika dibandingkan dengan jenis transportasi lain seperti Bus, Pesawat Terbang dan Kapal Laut yaitu antara lain bebas banjir, bebas macet, murah dan cepat.
Oleh karena itu untuk lebih melayani masyarakat, khususnya yang akan bepergian di wilayah Jawa Tengah, maka PT.Kereta Api Indonesia (Persero) pada hari Senin tanggal 17 Pebruari 2014 membuka rute baru Semarang-Purwokerto.
Pembukaan rute baru ini dilakukan di Stasiun Purwokerto dengan dihadiri antara lain oleh Wamenhub Bambang Susanto, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Direktur Operasional PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito.

Kereta Api yang melayani rute Semarang-Purwokerto tersebut dinamakan dengan nama KAMANDAKA, mengambil nama legenda yang popular bagi masyarakat Banyumas. Kereta Api Kamandaka nantinya akan menggunakan rangkaian 7 (tujuh) Kereta Ekonomi AC (3) ditambah dengan 1 (satu) Kereta Makan dan Pembangkit (KMP3) dengan kapasitas 742 tempat duduk. Kereta Api Kamandaka akan menempuh jarak 245 km dan diperkirakan dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam, maka jarak tersebut akan dapat ditempuh dalam waktu 4 jam 50 menit. Sehingga diharapkan waktu tempuh tersebut akan lebih singkat jika dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan apabila menggunakan jenis transportasi jalan raya lain seperti Bus atau Travel.
Rute yang akan ditempuh Kereta Api Kamandaka adalah sebagai berikut :
  • Dari Stasiun Purwokerto - Stasiun Bumiayu - Stasiun Slawi -Stasiun Tegal - Stasiun Pemalang - Stasiun Pekalongan - berakhir di Stasiun Poncol Semarang. Di masing-masing stasiun tersebut Kereta Api Kamandaka akan berhenti.
  • Dari Stasiun Poncol Semarang - Stasiun Pekalongan - Stasiun Pemalang - Stasiun Tegal - Stasiun Slawi - Stasiun Bumiayu - berakhir di Stasiun Purwokerto. Di masing-masing stasiun tersebut Kereta Api Kamandaka akan berhenti.
 Jadwal Kereta Api Kamandaka adalah sebagai berikut :
  • Berangkat dari Stasiun Purwokerto Pukul 05.00 WIB, tiba di Stasiun Tegal Pukul 07.24 WIB dan tiba di Stasiun Pocol Semarang Pukul 10.01 WIB.
  • Berangkat dari Stasiun Poncol Semarang Pukul 16.24 WIB, tiba di Stasiun Tegal Pukul 18.37 WIB dan tiba di Stasiun Purwokerto Pukul 20.50 WIB.
 Harga Tiket Kereta Api Kamandaka adalah sebesar Rp.70.000,00

Artikel Yang Perlu Dibaca :
  • Berita Produk Terbaru